Friday 18 October 2013

tari paduppa

TARI PADUPPA

apa sih tari paduppa itu? untuk kamu yang tinggal di daerah sulawesi, khususnya sulawesi selatan, pasti tidak asing lagi mendengar bahkan melihat tarian ini.
tari paduppa adalah tari penyambutan khas dari daerah sulawesi selatan. digunakan dalam acara penyambutan tamu2 penting dan tamu kehormatan. tarian ini biasanya dibawakan pada acara2 resmi seperti upacara pernikahan, seminar, pertemuan-pertemuan pejabat, serta acara2 penting lainnya.



tari paduppa ditarikan oleh para gadis-gadis cantik yang berjumlah ganjil (paling sering 5 dibawakan oleh 5 orang penari) mengapa harus ganjil? hhmmm entahlah, mungkin sepaya pola lantainya terlihat lebih indah, hahaha ngarang :P. musik yang digunakan juga tentunya musik khas sulawesi selatan dengan alat musik gendang makssar, pui-pui, suling, serta kecapi.



pakaian yang digunakan dalam tari paduppa adalah baju bodo (pakaian adat bugis), sarung sutra, lengkap dengan aksesorisnya (bando bunga, anting, gelang serta kalung.
ketika menarikan tarian ini, penari membawa bosara, yaitu sejenis tempat menaruh aneka kue2 manis pada acara2 penting. bosara ini berbentuk bulat dengan pegangan dibagian bawahnya.
ketika pertama kali saya membawakan tari paduppa (ingat jaman2 SMA), bosara diisi beras, buah pinang, daun sirih serta lilin dibagian tengahnya (kesan sakral sangat terasa). namun semakin perkembangan jaman, isi dari bosara ini telah tergantikan oleh aneka kertas warna-warni.


untuk make-up, yaa karena ini untuk keperluan tari, kita tidak boleh make-up minimalis, tapi menggunakan make-up panggung dengan warna-warna khas etnik.
untuk gerakan, hampir keseluruhan gerakan dalam tarian ini adalah gerakan penghormatan dipadukan dengan gerakan menyebar beras (isi dari bosara) sebagai tanda penghormatan dan doa kepada para tamu.



No comments:

Post a Comment