Friday 18 October 2013

tari empat etnis


indahnya keragaman sulawesi selatan slah satuya terlihat dari tariannya.
tari empat etnis adalah tarian yang berasal dari tanah sulawesi selatan, tarian ini merupakan gabungan dari 4 etnis terbesar yang ada di sulsel, yaitu makassar, bugis, mandar, dan toraja.

pakaian, gerakan serta musik yang terdapat dalam tari 4 etnis merupakan perpaduan dari keempat etnis tesebut. pakaian adat yang digunakan diwakili oleh masing2 penari. setiap pergantian tarian, lagu daerahnyapun berganti sesuai ciri khat etniknya.


makassar
tari yang biasa digunakan yaitu pakkarena, dengan ciri khas musik gendang dan pui-pui yang menggebu-gebu sedangkan para penari wanita memegang kipas dengan gerakan lemah gemulai namun terkesan mistik.
pakaian yang digunakan yaitu baju la'bu, sarung sutra lipa' sa'be, serta perhiasan (bando bunga,anting, kalung serta gelang)

bugis
gerakan jari tangan penari disebut makingking yaitu jari tengah bertemu dengan jempol. baju yang digunakan adalah baju bodo, sarung sutra makingking, serta perhiasan bando, anting, gelang dan kalung.

mandar
pada tarian mandar, jari tangan berbeda dengan bugis dan makassar.pada tari mandar, jempol bertemu dengan jari telunjuk.

toraja
ciri khas tarian toraja adalah gerakan patahan pada pergelangan tangan. penari toraja menggunakan baju serta sarung khas tanah toraja, kandore, gelang, kalung tabung, serta hiasan kepala sa'pi (pada jaman moderen ini biasanya telah dimodifikasi dengan topi berbentuk rumah adat toraja.

No comments:

Post a Comment