Friday 18 October 2013

tari multi etnis


 masih ingatkan postingan sy tentang tari 4 etnis? klo lupakan silahkan lihat lagi di http://fatinnurqalbiekaputri.blogspot.com/2013/10/tari-empat-etnis_18.html




kalau tari empat etnis itu terdiri dari tari bugis, mandar, makassar dan toraja trus tari multi etnis itu apa dong???
well, tari multi etnis terdiri dari 5 etnis, makassar, bugis, mandar, toraja dan ditambah 1 yaitu mamasa.
mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, "mengapa mamasa bisa masuk?" "bukannya mamasa itu bagian dari sulawesi barat? bukan sulawesi selatan"
yup betul sekali, mamasa adalah bagian dari sulawesi barat, namun sebelum mengalami pemekaran menjadi sulawesi barat, mamasa dulunya adalah bagian dari sulawesi selatan.


tarian mamasa tidak jauh beda dengan tari toraja, tari mamasa juga mengandalkan gerak patahan pergelangan tangan. baju adat mamasa menggunakan lengan panjang, serta rok khas mamasa yaitu rok panjang bermotif tumpukan kain perca warna warni dengan aksen serut di pinggang. aksesoris pada pakaian adat mamasa juga mirip dengan baju adat toraja, sama2 menggunakan kandaure, gelang manik, dan kalung tabung, hanya saja kandaure pada baju mamasa dikenakan melintang seperti ketika memakai selempang.

untuk hiasan kepala, pakaian adat mamasa menggunakan topi yang menyerupai bentuk rumah adat mamasa dengan bulu warna warni dibagian atas serta kain tipis menjuntai dibagian kiri dan kanannya. cantik bukan?


No comments:

Post a Comment